Analisis SWOT
ANALISIS
SWOT
(Kekuatan,
Kelemahan, Kesempatan, Ancaman)
Analisis
SWOT adalah instrument perencanaaan strategis yang klasik. Dengan menggunakan
kerangka kerja kekuatan dan kelemahan dan kesempatan ekternal dan ancaman,
instrument ini memberikan cara sederhana untuk memperkirakan cara terbaik untuk
melaksanakan sebuah strategi. Instrumen ini menolong para perencana apa yang bisa
dicapai, dan hal-hal apa saja yang perlu diperhatikan oleh mereka.
TUJUAN
ANALISIS
Untuk
memberikan gambaran hasil analisis keunggulan, kelemahan, peluang dan ancaman
perusahaan secara menyeluruh yang digunakan sebagai dasar atau landasan penyusunan
objective dan strategi perusahaan dalam corporate planning.
Outline
Proses Rinci Kerangka SWOT – sebuah matrix dua kali dua – sebaiknya dikerjakan
dalam suatu kelompok yang terdiri dari anggota kunci tim atau organisasi.
Pertama, penting untuk diketahui dengan jelas tentang apa tujuan perubahan
kunci, dan terhadap tim atau organisasi apa analisis SWOT akan dilakukan.
Setelah pertanyaan-pertanyaan ini dijelaskan dan disepakati, mulailah dengan
brainstorming gagasan, dan kemudian setelah itu dipertajam dan diperjelas dalam
diskusi. Perkiraan mengenai kapasitas internal dapat dipakai untuk membantu mengidentifikasi
dimana posisi sebuah proyek atau organisasi saat ini: sumberdaya yang dapat
segera dimanfaatkan dan masalah yang belum juga dapat diselesaikan. Dengan melakukan
hal ini kita dapat mengidentifikasi dimana/kapan sumberdaya baru, keterampilan
atau mitra baru akan dibutuhkan. Bila berpikir tentang kekuatan, perlu memikirkan
tentang contoh-contoh keberhasilan yang nyata dan apa penjelasannya. Pertanyaan-pertanyaan yang sering diajukan
untuk memikirkan isu-isu di atas antara lain:
·
Saat ini jenis pengaruh kebijakan apa
yang dapat dikerjakan oleh organisasi / proyek kita dengan sangat terbaik?
Dimana kita mengalami sukses terbesar?
·
Jenis keterampilan dan kapasitas
mempengaruhi kebijakan apa yang kita miliki?
·
Di bidang apa staff kita dapat
memanfaatkan dengan sangat efektif keterampilan dan kapasitasnya?
·
Siapa saja mitra terkuat kita dalam
mempengaruhi kebijakan?
·
Kapan mereka telah bekerja bersama kita
untuk melakukan dampak kebijakan?
·
Apa yang dianggap karyawan sebagai
kekuatan dan kelemahan utama? Dan mengapa?
Apa
pendapat mereka yang berada diluar organisasi?
Sebuah
perkiraan tentang lingkungan eksternal cenderung difokuskan pada apa yang terjadi
di luar organisasi atau pada bidang yang belum mempengaruhi strategi tetapi
dapat saja mempengaruhi strategi – baik secara positif maupun negatif. Analisis
SWOT merupakan salah satu metode untuk menggambarkan kondisi dan
mengevaluasi
suatu masalah, proyek atau konsep bisnis yang berdasarkan faktor internal (dalam)
dan faktor eksternal (luar) yaitu Strengths, Weakness, Opportunities dan
Threats.
Metode
ini paling sering digunakan dalam metode evaluasi bisnis untuk mencari strategi
yang akan dilakukan. Analisis SWOT hanya menggambarkan situasi yang terjadi
bukan sebagai pemecah masalah. Analisis SWOT terdiri dari empat faktor, yaitu:
•
Strengths (kekuatan)
merupakan
kondisi kekuatan yang terdapat dalam organisasi, proyek atau konsep bisnis yang
ada. Kekuatan yang dianalisis merupakan faktor yang terdapat dalam tubuh
organisasi, proyek atau konsep bisnis itu sendiri.
•
Weakness (kelemahan)
merupakan
kondisi kelemahan yang terdapat dalam organisasi, proyek atau konsep bisnis
yang ada.Kelemahan yang dianalisis merupakan faktor yang terdapat dalam tubuh
organisasi, proyek atau konsep bisnis itu sendiri.
•
Opportunities (peluang)
merupakan
kondisi peluang berkembang di masa datang yang terjadi. Kondisi yang terjadi
merupakan peluang dari luar organisasi, proyek atau konsep bisnis itu sendiri.
misalnya kompetitor, kebijakan pemerintah, kondisi lingkungan sekitar.
•
Threats (ancaman)
merupakan
kondisi yang mengancam dari luar. Ancaman ini dapat mengganggu organisasi,
proyek atau konsep bisnis itu sendiri. Grid di atas merangkum beberapa bidang
subjek yang perlu mempertimbangkan baik faktor internal maupun faktor
eksternal. Grid ini dapat digunakan sebagai judul topik bila kita bekerja dalam
kelompok-kelompok kecil (gagasan yang baik bila kelompokmu lebih besar dari
delapan orang). Kembali ke pleno / kelompok diskusi, buatlah ranking
kekuatan-kekuatan dan kelemahan-kelemahan yang paling penting (mungkin dengan
symbol: ++, + dan o). Dalam kelompok yang lebih besar peserta mungkin suka
menentukan skornya sendiri, mungkin dengan menggunakan sticky dots. Hasilnya
kemudian dapat didiskusikan dan diperdebatkan. Sangat penting agar kita
memperhatikan aksi dan solusi apa saja yang dapat muncul. Akhiri dengan diskusi
yang berorientasi pada aksi. Bagaimana dengahn berdasarkan kekuatan kelompok
dapat membangun untuk memajukan sasaran dan strategi kita? Apa yang dapat
dimasukkan dalam strategi untuk meminimallkan kelemahan kita? Dan seterusnya. Setelah
itu dibuat pemetaan analisis SWOT maka dibuatlah tabel matriks dan ditentukan
sebagai
tabel informasi SWOT. Kemudian dilakukan pembandingan antara faktor internal yang
meliputi Strength dan Weakness dengan faktor luar Opportunity dan threat.
Setelah itu kita bisa melakukan strategi alternatif untuk dilaksanakan.
Strategi yang dipilih merupakan strategi yang paling menguntungkan dengan
resiko dan ancaman yang palingkecil. Selain pemilihan alternatif analisis Swot
juga bisa digunakan untuk melakukan perbaikan
dan
improvisasi. dengan mengetahui kelebihan (Strength dan opportunity) dan
kelemahan kita (weakness dan threat), maka kita melakukan strategi untuk
melakukan perbaikan diri. Mungkin salah satu strateginya dengan meningkatkan
Strength dan opportunity atau melakukan strategi yang lain yaitu mengurangi
weakness dan threat. Analisa SWOT adalah identifikasi berbagai faktor secara
sistematis untuk merumuskan strategi perusahaan. Analisa ini didasarkan pada
logika yang dapat memaksimalkan kekuatan (Strengths) dan peluang
(Opportunities), namun secara bersamaan dapat meminimalkan kelemahan
(Weaknesses) dan ancaman (Threats). Perencanaan strategis (strategic planner)
suatu perusahaan harus menganalisis faktorfaktor strategis perusahaan
(kekuatan, kelemahan, peluang, dan ancaman) pada kondisi yang ada saat ini. Hal
ini disebut dengan Analisis Situasi atau popular disebut Analisis SWOT.
Dalam
menganalisis data digunakan teknik deskriptif kualitatif guna menjawab perumusan
permasalahan mengenai apa saja yang menjadi kekuatan dan kelemahan yang ada
pada objek penelitian dan apa saja yang menjadi peluang dan ancaman dari luar
yang harus dihadapinya. Dalam penelitian dilakukan identifikasi
variable-variabel yang merupakan kekuatan dan peluang yang kemudian digunakan
skala likert atas lima tingkat yang terdiri dari: Sangat baik (5), Baik (4),
Cukup baik (3), Kurang baik (2), dan Tidak baik (1), berupa SkalaLik ert
Keunggulan dan Peluang
Kemudian
penelitian dilanjutkan dengan identifikasi variable-variabel yang merupakan kelemahan
dan ancaman dari luar yang kemudian digunakan skala likert atas lima tingkat yang
terdiri dari: Sangat berat (=5), Berat (=4), Cukup berat (=3), Kurang berat
(=2), dan Tidak berat (=1), berupa Skala Likert Tantangan dan Ancaman Analisis
SWOT ini adalah membandingkan antara faktor eksternal, berupa Peluang (opportunities)
dan Ancaman (threats) dengan faktor internal, yang berupa Kekuatan (strengths)
dan Kelemahan (weaknesses). Selanjutnya, nilai rata-rata masing-masing faktor
positif dibandingkan dengan factor negatif baik di lingkungan internal maupun
lingkungan eksternal. Dan Hasil dari perhitungan tersebut, dituangkan dalam digram
Cartesius. Dari diagram Cartesius tersebut, dapat diketahui hasil analisis
SWOT, sesuai dengan posisi dari hasil perhitungannya, yaitu:
Sebelah
kiri atas -> Startegi Rasionalisasi (Turne around).
Sebelah
kanan atas -> Strategi Agresif (Growth).
Sebelah
kiri bawah -> Strategi Defensif.
Sebelah
Kanan bawah -> Strategi Diversifikasi.
RUANG
LINGKUP
·
Lingkungan
·
Keadaan intern perusahaan
·
Peramalan
JENIS
DAN SUMBER INFORMASI
1. Intern:
data perusahaan dan data dan informasi yang dikumpulkan perusahaan
2. Ekstern:
data sekunder, data dan informasi yang diperoleh dari hasil survai atau pengamatan.
PROSES
DAN PERALATAAN ANALISIS
1.
Analisis Lingkungan:
·
Ekonomi (business cycle, inflasi dan
deflasi, kebijakan moneter, neraca pembayaran.
·
Pemerintah/perundang-undangan (pusat dan
daerah, pemerintah pembeli erbesar, subsidi,
perlindungan industri, kebijakan pemerintah).
·
Pasar/saingan (perubahan struktur
kependudukan, distribusi pendapatan, alur hidup produk/layanan, kemudahan akses
masuk, rintangan masuk).
·
Teknologi (bahan baku, cost of labor,
sub-assemblies, dan perubahan teknologi).
·
Geographies (lokasi, nusantara)
·
Sosial budaya (cita rasa, nilai yang
beruang).
2.
Analisis Keadaan Intern Perusahaan:
·
Organisasi (misi, maksud, dan tujuan;
Sarana/fasilitas dan teknologi yang dimiliki; Sistem dan prosedur kerja).
·
Fungsi perusahaan (produksi, pemasaran,
keuangan, personalia – SDM).
3.
Peralatan Analisis: Peramalan
·
Arti dan peranan peramalan (REPO:
rasional, estimate, preparasi, dan operasional).
·
Ruang lingkup peramalan.
·
Langkah peramalan.
·
Teknik dan metode peramalan.
·
Contoh peramalan.
Sumber:
Start,D . Hovland,I. 2002. Analisi
SWOT.
New Weave (2002:170) dan Schuler (1986)
Empowerment and the Law
Diktat Universitas Gunadarma (materi 4)
0 Response to Analisis SWOT
Posting Komentar